Pages

Subscribe:

Selasa, 06 Maret 2012

 MELUKIS DENGAN BENANG

Kali ini kegiatan siswa kelas 1 Alexandria adalah melukis dengan benang. Cara melukisnya mengikuti pola yang sudah ada. Fungsi dari melukis dengan benang agar motorik halus siswa kelas 1 terus terlatih. Sehingga ketika melakukan kegiatan yang memerlukan keterampilan tangan, mereka dapat lebih mudah melakukannya. Misalnya kegiatan menulis, kemampuan menulis siswa kelas 1 pada umumnya belum sempurna. Otot-otot tangan mereka terlihat masih kakau, terlebih jika saat mereka duduk di bangku sekolah taman kanak-kanak, jarang diberikan  kegiatan untuk mengasah motorik halusnya. Karena para guru di tk umumnya terlalu mengejar target agar siswanya dapat membaca dan menulis, tanpa memberikan  stimulus yang tepat. Sehingga ketika di kelas 1, kadang ditemui siswa yang kesulitan untuk menggunting dan melipat kertas. Padahal kenyataannya, kedua tangan kita, kiri dan kanan, memerlukan latihan agar keduanya dapat berfungsi dengan baik. Karena itupun bagian dari kerja otak bagian kanan dan otak bagian kiri.

BAHAN DAN ALAT 

1. KERTAS GAMBAR YANG SUDAH ADA POLA GAMBARNYA ATAU JIKA SISWA DIANGGAP SUDAH DAPAT MEMBUAT GAMBAR SEDERHANA DENGAN BAIK, MEREKA DAPAT MELUKISNYA SENDIRI
2. LEM (SEBAIKNYA DALAM BENTUK STIK)
3. BENANG WOL WARNA WARNI ( BENANG WOL DAPAT DIGANTI DENGAN TALI KORT, TALI PLASTIK, ATAU BATANG KOREK API)

BERIKUT INI ADALAH VIDEO TAYANGAN KEGIATAN MELUKIS DENGAN BENANG SISWA KELAS 1 ALEXANDRIA MIN CIPUTAT






Kegiatan ini dapat dilakukan untuk anak-anak dimulai dari usia 5 tahun, tetapi dalam bentuk gambar yang lebih sederhana dan tali yang digunakan berukuran diameter lebih besar.
Silahkan mencobaaaa.....







Tidak ada komentar:

Posting Komentar